It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Manajemen Dalam Realisasi Organisasi


Lalu apa sebenarnya “manajemen” itu ? mengapa manajemen dibutuhkan? seperti banyak bidang studi lainnya yang menyangkut manusia,”manajemen” juga sebenarnya sulit didefinisikan. Dalam kenyataannya tidak dapat ditemukan definisi manajemen yang telah diterima secara universal. Ada ahli yang menyebut manajemen sebagai “ seni “, lain ahli menyebut “manajemen” sebagai “ proses”. Mengartikan manajemen sebagai “seni “ mengandung arti bahwa hal itu adalah kemampuan atau keterampilan pribadi. Suatu “proses” adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan.

Manajemen banyak diartikan sebagai suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan dalam mencapai tujuan perusahaan/organisasi.

Manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan yang diinginkan, manajemen yang baik akan memudahkan tercapainya atau terwujudnya tujuan kantor, pegawai dan masyarakat.

Para ahli manajemen memberikan definisi yang berbeda. Menurut Hasibuan  manajemen yaitu: “Ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sunber lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan”.

Menurut Terry dalam Saragih memberikan definisi bahwa: “Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan planning, organizing, actuating dan controlling di mana pada masing-masing bidang digunakan baik ilmu pengetahuan maupun keahlian dan yang diikuti secara berurutan dalam rangka usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan semula”.

Dari definisi di atas dapat ditarik bahwa manajemen:

-          Terdapat kegiatan-kegiatan yang diarahkan untuk mencapai tujuan.

-          Usaha sekelompok manusia dan dicapainya oleh sekelompok yang bersangkutan.

Bahwa manajemen mempunyai kaitan erat dengan organisasi. Manajemen membuat organisasi hidup, tumbuh dan berkembang. Proses dinamis dapat dilihat dari adanya kegiatan pengendalian dan pemanfaatan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan demikian berbicara organisasi, maka untuk mencapai tujuan tertentu tidak lain adalah menyangkut proses manajemen. Organisasi dan manajemen adalah dua pengertian dari satu proses yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak ada organisasi tanpa manajemen dan manajemen terdapat dalam wadah organisasi.

Jalannya proses manajemen itu didasarkan atas pelaksanaan seluruh fungsi-fungsi manajemen. Apabila fungsi-fungsi manajemen tersebut tidak dilaksanakan,  maka suatu kegiatan kerja sama manusia untuk mencapai tujuan bersama belum dapat dikatakan sebagai proses manajemen.

Berdasarkan pendapat-pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu kegiatan yang sistematis dan terkoordinasi dalam usaha memanfaatkan sumberdaya – sumberdaya, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebuah organisasi tentu memiliki tujuan yang akan dicapai. Dalam usaha mencapai tujuan itu, manajemen diperlukan guna menjamin agar arah dan aktivitas organisasi tidak keluar dari tujuan yang telah ditetapkan.

About these ads

January 4, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: