It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

8 Pertanyaan dan Jawaban Tentang Linux


1. Kekurangan dan Kelebihan LINUX !

a. Kelebihan Linux :

  • Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
  • Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows
  • Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux.
  • Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien.
  • Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 %
  • Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux. Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.

b. Kekurangan Linux

  • Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
  • Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux
  • Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
  • Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

2. Jelaskan sejarah LINUX !

Pada tanggal 5 oktober 1991, Linus Benedict Torvalds, seorang mahasiswa Universitas helsinki di Finlandia mengungumkan pada sebuah newsgroup bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana yang diberi nama linux yang dikembangkan dari sistem operasi mirip UNIX. Saat ini , Linux adalah sistem operasi mirip UNIX yang sangat komplit. Linux telah menjadi “nafas segar” di arena sistem operasi. Linux bukan lagi sekedar “proyek mini” yang dikerjakan oleh linus Torvalds dkk, tetapi Linux telah tmbuh menjadi saingan” bagi sistem operasi besar lainya.

3. Sebutkan dan Jelaskan distro-distro yang ada di LINUX !

a. Linare

Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial

b. Debian/GNU Linux

Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distro ini menginginkan adanya semangat open-source yang harus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiap waktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get. Apt-get adalah sebuah utilitas baris-perintah yang dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem Debian GNU/Linux melalui apt-repository jaringan archive Debian yang luas. Milis dan forum debian selalu penuh dengan pesan-pesan baik mengenai bug, masalah, sharing, dll. Dengan adanya sistem komunikasi ini bug dan masalah keamanan pada tiap paket dapat dilaporkan oleh para pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Keuntungan dari Debian adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangannya secara terbuka

c. Linux-Mandrake

Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.

d. Red Hat Linux

Red Hat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux. Dukungan-dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnya para hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan Red Hat berkembang cepat dan digunakan pada perusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager (RPM). RPM adalah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket pada sistem Linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.

e. Slackware

Distronya Patrick Volkerding yang terkenal pertama kali setelah SLS. Slackware dikenal lebih dekat dengan gaya UNIX, sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut. Slackware adalah tertua yang masih tegar bertahan di segala jaman. Hari ini dengan bangga merilis generasi barunya Slackware versi 11 diantara gelombang peluncuran distro-distro besar lainnya seperti Mandriva 2007 dan tidak lama lagi Fedora 6.

f. SuSE

SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.

4. Sebutkan dan Jelaskan perintah-perintah dasar di LINUX !

Find

Untuk menemukan dimana letak sebuah file. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan. Sintaksnya adalah perintah itu sendiri diikuti dengan nama direktori awal pencarian, kemudian nama file (bisa menggunakan wildcard, metacharacters) dan terakhir menentukan bagaimana hasil pencarian itu akan ditampilkan. Misalnya akan dicari semua file yang berakhiran .doc di current direktori serta tampilkan hasilnya di layar:

$ find . -name *.doc -print

Contoh hasil:

. /public/docs/account.doc

. /public/docs/balance.doc

. /public/docs/statistik/prospek.doc

./public/docs/statistik/presconf.doc

Chgrp

Perintah ini digunakan untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori. Misalnya untuk memberi ijin pada kelompok atau grup agar dapat mengakses suatu file. Sintaks penulisannya adalah sbb:

# chgrp

Cat

Menampilkan isi dari sebuah file di layar. Contoh:

$ cat /nama/suatu/file

Alias

Digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Misalnya bila Anda ingin perintah ls dapat juga dijalankandengan mengetikkan perintah dir, maka buatlah aliasnya sbb:

$ alias dir=ls

Kalau Anda suka dengan tampilan berwarna-warni, cobalah bereksperimen dengan perintah berikut:

$ alias dir=ls -ar –color:always

Chown

Merubah user ID (owner) sebuah file atau direktori

$ chown

man

Perintah man adalah perintah untuk memunculkan online help, mirip dengan perintah “help” pada sistem operasi MS-DOS. Misalkan untuk menampilkan online help dariperintah ls gunakan :  Ex. $ man ls

pwd

Perintah pwd digunakan untuk mengetahui di direktori mana sekarang berada, misalnya :

[user@localhost data]$ pwd

ls

Perintah ls adalah kependekan dari list digunakan untuk menampilkan isi suatu direktori. Perintah ini identik dengan perintah ‘dir’ pada MS-DOS. Jika ls digunakan tanpa parameter, ls akan menampilkan semua file dan direktori didalam current direktory. Perintah ls jg bisa untuk menampilkan daftar file dan direktori dibawah directory yang kita tentukan.

rm

Perintah rm digunakan untuk menghapus file atau direktori, mirip perintah ‘del’ pada sistem operasi MS-DOS. Untuk menghapus sebuah file digunakan perintah sebagai berikut :

rm <nama_file>

reboot

Perintah reboot digunakan untuk me-restart computer

# reboot

halt

Perintah halt digunakan untuk mematikan sistem operasi

# halt

5. Apa yang anda ketahui tentang SHELL dan macam-macam SHELL!

Shell adalah program yang dapat membaca intruksi – intruksi yang di inputkan dan mengartikan kontrol statement agar dapat diproses sesuai dengan perintah yang di inginkan.

  1. a. Bourne Shell  (sh $) : Shell yang paling tua atau primitive dan kurang memiliki job   control.
  2. b. C- Shell (csh %) :  Dikembangkan di Berkeley, paling populer dan interaktif.
  3. c. jsh :  Versi baru dari Bourne Shell, hanya ada di system V release 4.
  4. d. Korn Shell (ksh) : Compatible dengan Bourne Shell, tapi juga memiliki kemampuan C- Shell.
  5. e. Bourne Again Shell : Shell yang tidak standard dikembangkan oleh FREE SOFTWARE FOUNDATION
  6. f. tcsh :   Extended csh (versi terbaru dari C- Shell).

6. Sebutkan macam-macam kondisi di bahasa C++ dan bentuk-bentuk umumnya!

a. Pernyataan If

Struktur percabangan dimana bentuk umum dari IF … adalah:

If (Kondisi)

{

Statement 1;

}

b. Pernyataan IF … ELSE

Bentuk umum dari IF … ELSE adalah:

If (Kondisi)
{
Statement 1;
Statement 2;
}
else
{
Statement 3;
Statement 4;
Statement dst;
}

c. Pernyataan Switch

Bentuk umum dari Swicth … Case adalah:

switch(skor)
{
case 1: …
break;
case 2: …
break;
….
}

7. Sebutkan macam-macam LOOPING dan bentuk umumnya !

for

Bentuk umum untuk menuliskan perintah for adalah sebagai berikut:

for (inisialisasi nilai; syarat pengulangan; perubahan nilai){

statement-yang-akan-diulang;
}

while

Bentuk umum penulisan while sebagai berikut:

while(syarat-pengulangan){
statement-yang-akan-diulang;
}

do while

Syntax penulisannya sebagai berikut:

do{

statement-yang-akan-diulang;

}while(syarat-pengulangan);

8. Srbutkan perbedaan antara WHILE dan DO WHILE !

  1. WHILE

Untuk mengulang suatu proses yang belum diketahui jumlahnya,pengecekan kondisi akan dilakukan terlebih dahulu.Jika kondisi masih bernilai TRUE maka Loopengeing akan terus berlanjut.

  1. DO WHILE

Untuk mengulang proses yang belum diketahui jumlahnya instruksi akan dijalankan terlebih dahulu kemudian dilakukan pengecekan kondisi. Apabila masih bernilai TRUE maka Looping terus berlanjut.

About these ads

June 3, 2010 - Posted by | saatnya belajar

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: