It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Hidup Sebuah Organisasi


Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bergabung bersama yang didalamnya terdapat struktur keanggotaan dan biasanya dilandasi oleh badan hukum tersendiri. Banyak sekali jenis-jenis organisasi yang ada di sekitar kita misalnya saja seperti Organisasi Remaja Mesjid yang berada di daerah rumah kita. Itu salah satu contoh kecil saja yang dapat kita jumpai di sekitar kita, di luar sana masih banyak organisasi yang hidup dan berkembang.

Hidup dan berkembangnya sebuah organisasi bisa terus dipertahankan jika di dalam organisasi tersebut menerapkan semua faktor pendukung organisasi. Ada beberapa faktor pendukung dari organisasi diantaranya terdapat nilai dan visi, misi, aturan, profesionalisme, insentif, sumber daya, serta rencana kerja. Ke tujuh faktor ini bisa di bilang hal yang sangat vital dalam organisasi selain struktur organisasi itu sendiri. Jika salah satu dari ke tujuh faktor tersebut tidak dipenuhi, sudah bisa dipastikan bahwa hidup dari organisasi tersebut tidak akan lama.

Berikut ini akan dijelaskan peran dari ketujuh faktor tersebut :

1. Nilai dan Visi

Nilai dan visi adalah langkah awal yang tempuh dalam membuat suatu organisasi. Nilai disini diartikan sebagai Basic Organization yang mendasari semua faktor yang ada. Sedangkan visi merupanan tujuan kedepan yang terencana dari sebuah organisasi, baik itu tujuan jangka panjang atau jangka pendek. Jika faktor pertama ini tidak ada, maka organisasi tersebut akan rusak.

2. Misi

Merupakan cara dan langkah-langkah yang ditempuh agar tujuan (visi) itu tercapai. Jika tidak ada misi, orang-orang akan kebingungan menjalankan organisasi tersebut.

3. Aturan

Merupakan pengendali utama dalam sebuah organisasi, jika aturan diabaikan atau bahkan tidak ada maka akan terjadi konflik kepentingan didalamnya. Tidak terdapat lagi kegotongroyongan.

4. Profesionalisme

Merupakan sikap kita dalam berorganisasi yang berlandaskan suatu nilai tertentu. Tingkat keprofesionalan seseorang tidak bisa di ukur dengan hitungan eksak, tetapi dengan pangdangan seseorang. Seseorang yang tidak memiliki sikap professional akan mendapatkan keresahan dalam dirinya.

5. Insentif

Dalam menjalankan suatu organisasi diperlukan suatu intensifikasi dalah hal pacu waktu. Jika tidak, kemajuan dari sebuah organisasi akan berjalan lambat.

6. Sumber Daya

Orang yang bekerja dan ada dalam sebuah organisasi bisa disebut sebagai sumber daya. Sumber daya yang diperlukan dalam organisasi haruslah mempunyai kriteria-kriteria tertentu, misalnya saja berjiwa besar, berwibawa, tidak pantang menyerah, bertanggung jawab, dll. Sumber daya bisa terjerumus dam kefrustasian jika tidak mempunyai kriteria-kriteria tersebut.

7. Rencana Kerja

Faktor terakhir yang mendukung sebuah organisasi adalah rencana kerja. Faktor ini sangat berhubungan sekali dengan faktor kedua yaitu Misi. Anggota dari sebuah organisasi akan cenderung salah langkah dalam menjalankan tugasnya di organisasi tersebut jika rencana kerja tidak ditetapkan secara mantap.

Demikian pembahsan mengenai hidup sebuah organisasi, semoga bermanfaat. Dan ingat “JANGAT TAKUT BEROGANISASI, KARENA DENGAN BERORGANISASI KAU BISA BELAJAR TENTANG KEHIDUPAN, YANG PADA AKHIRNYA BISA KAU TERAPKAN DI KEHIDUPANMU SENDIRI” by Rangga Septian

October 4, 2009 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: