It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Pengaruh Motivasi Dalam Kehidupan


Perjalan yang begitu panjang yang kita sebut sebagai kehidupan adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan diri kita. Banyak sekali kejadian dan peristiwa yang terjadi di dalamnya. Baik itu berdampak positif, negatif, atau bahkan tidak berdampak apa-apa terhadap diri kita. Dibalik itu semua, ada satu hal yang penting agar kita bisa menjalani hidup, itulah yang kita sebut sebagai motivasi.

Berikut ini beberapa pengertian mengenai motivasi dari beberapa ahli :

1. Menurut Wexley & Yukl motivasi adalah pemberian atau penimbulan motif, dapat pula diartikan hal atau keadaan menjadi motif.

2. Mitchell motivasi mewakili proses-proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela yang diarahkan ke tujuan tertentu.

3. Gray lebih suka menyebut pengertian motivasi sebagai sejumlah proses, yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan- kegiatan tertentu.
4. Morgan mengemukakan bahwa motivasi bertalian dengan tiga hal yang sekaligus merupakan aspek- aspek dari motivasi. Ketiga hal tersebut adalah: keadaan yang mendorong tingkah laku, tingkah laku yang di dorong oleh keadaan tersebut, dan tujuan dari pada tingkah laku tersebut.

5. McDonald memilih pengertian motivasi sebagai perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi mencapai tujuan. Motivasi merupakan masalah kompleks dalam organisasi, karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini berbeda karena setiap anggota suatu organisasi adalah unik secara biologis maupun psikologis, dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.

6. Chung dan Megginson yang dikutip oleh Faustino Cardoso Gomes, menerangkan bahwa pengertian motivasi adalah tingkat usaha yang dilakukan oleh seseorang yang mengejar suatu tujuan dan berkaitan dengan kepuasan kerja dan perfoman pekerjaan.
7. T. Hani Handoko mengemukakan bahwa motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan.
8. A. Anwar Prabu Mangkunegara, memberikan pengertian motivasi dengan kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara prilaku yang berubungan dengan lingkungan kerja.

9. H. Hadari Nawawi mendefinisikan motivasi sebagai suatu keadaan yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.

10. Henry Simamora, motivasi adalah Sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

11. Soemanto secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi pencapaian tujuan. Karena kelakuan manusia itu selalu bertujuan, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tenaga yang memberi kekuatan bagi tingkahlaku mencapai tujuan,telah terjadi di dalam diri seseorang.

(sumber: http://www.anneahira.com/motivasi/pengertian-motivasi.htm)

Dari pengertian motivasi yang di utarakan oleh beberapa ahli diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa motivasi adalah faktor pendorong dan faktor pendongkrak dalam kehidupan kita yang memberikan semangat kepada kita dalam menjalani hidup ini, terutama dalam menjalankan tugas-tugas tertentu yang memiliki arah dan tujuan.

Motivasi bisa dibagi menjadi dua kategori umum :

1. Motivasi kearah positif

Salah contoh motivasi kearah positif adalah dalam hal belajar/pembalajaran di perguruan tinggi bagi mahasiswa. Misalnya mahasiswa tersebut ingin pintar, membahagiakan orang tua, ingin disukai banyak teman, mendapatkan nilai yang bagus, dan lain-lain. Maka dengan adanya motivasi ini, pada akhirnya mahasiswa menjadi terpacu untuk berusaha lebih keras lagi dengan mempergunakan cara-cara yang positif.

2. Motivasi kearah negatif

Sama seperti motivasi kearah positif, akan tetapi cara-cara yang digunakan dalam hal pencapaian tujuan tersebut lebih condong kearah yang negatif.

November 11, 2009 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: