It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Lahirnya Sebuah Solusi dan Keputusan dari Sebuah Konflik


Tanpa kita sadari, dari hari ke hari waktu ke waktu, organisasi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sosial manusia. Salah satu alasan mengapa ini bisa terjadi manusia membutuhkan suatu badan yang di dalamnya bisa menampung seluruh aspirasi dari dirinya sendiri, membuka lapangan pekerjaan, dan lain-lain.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas organisasi secara keseluruhan, melainkan mengkaji organisasi yang berhubungan dengan konflik, keputusan, dan solusi. Secara etimologi konflik bisa diartikan interaksi atau adanya kontak langsung antara suatu individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok degan kelompok, atau subjek-subjek dalam suatu hirarki kemasyarakatan dimana masing-masing dari subjek kemasyarakatan ini berusaha menghancurkan, menyingkirkan, melemahkan, menjatuhkan subjek kemasyarakatan lainnya.  Banyak hal yang menyebabkan konflik ini bisa terjadi dalam suatu organisasi, misalnya dengan adanya perbedaan pendirian, pendapat, dan lain-lain. Tetapi jangan salah, adanya suatu konflik tidak hanya membawa dampak negatif saja, ada beberapa dampak positif yang bisa kita rasakan dengan adanya konflik ini.

Berikut ini adalah beberapa dampak dari konflik :

  1. Memperjelas kebenaran yang belum terungkap
  2. Mempererat persatuan atau solidaritas antarsesama anggota
  3. Memberikan pelajaran akan arti pentingnya persatuan

Ada beberapa hal yang lahir dari konflik di dalam organisasi, hal itu adalah Keputusan dan Solusi. Keputusan dan solusi diaanggap sebagai pangkal dari suatu konflik.

Solusi merupakan suatu tindakan yang dilaksanakan untuk mengantisipasi konflik tersebut. Kita bisa ambil contoh dari konflik yang tejadi di dalam organisasi kemasyarakatan. Misalnya terjadi konflik antara organisasi kepartaian antara partai A dengan partai B dalam sebuah kecamatan. Konflik ini telah berlangsung sekian lama, bahkan sampai menelan korban jiwa.

Dengan kejadian seperti itu pada akhirnya pemerintahan daerah memutuskan mengambil jalan tengah dari perselisiah yang terjadi. Maka diadakanlah sebuah Solusi dimana solusi ini berupa diadakannya rapat tertutup antara perwakilan dari partai A dan partai B dengan penengah dari ihak pemerintahan daerah. Setelah diadakan rapat tertutup tersebut, didapatlah Keputusan yang pasti dan wajib dijalani oleh kedua partai tersebut.

Hal ini bisa digambarkan sebagai berikut :

November 26, 2009 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: