It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Manajemen Dan Fungsi-Fungsinya


Dalam hubungannya dengan kegiatan kerjasama yang dilakukan dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan maka terdapat adanya aktivitas yang menyangkut fungsi – fungsi manajemen. Mengenai fungsi manajemen ini, menurut John F.Mee (dalam Handayaningrat,1996:26) mengemukakan bahwa fungsi manajemen terdiri atas:

1. Planning (perencanaan).

2. Organizing (pengorganisasian).

3. Motivating (motivasi)

4. Controlling (pengawasan)

Selanjutnya mengenai fungsi manajemen ini di ungkapkan pula oleh Koontz& O’Doonel ( dalam Handayaningrat, 1996:22) yang meliputi:

1. Planning (perencanaan)

2. Organizing (pengorganisasian)

3. Staffing (penusunan pegawai)

4. Directing ( pembinaan kerja)

5. Controlling ( pengawasan).

Menurut Terry dalam Hasibuan (2007: 3) fungsi-fungsi manajemen itu terdiri:

  1. Planning (Perencanaan), perencanaan memegang peranan penting karena merupakan suatu landasan awal dan pertama untuk menetapkan apa yang menjadi tujuan organisasi di waktu yang akan datang.
  2. Organizing (Pengorganisasian), tujuan dari organizing adalah untuk membagi-bagi kegiatan yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Hal ini meliputi penentuan dan penggabungan atau pengolongan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuannya yang telah ditetapkan oleh suatu organisasi. Disini akan terbentuk apa yang dinamakan dengan job description untuk setiap individu yang terlibat dalam suatu kegiatan atau organisasi memiliki jatah kerja masing-masing sesuai dengan potensi dan keahlian masing-masing.
  3. Actuating (Penggerakan), merupakan fungsi manajemen yang ketiga setelah planning dan organizing. Dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam perencana, maka diperlukan adanya suatu usaha untuk menggerakkan anggota-anggota organisasi sedemikian rupa, sehingga mereka diharapkan berkeinginan untuk mencapai sasaran-sasaran organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan kata lain, penggerakan merupakan istilah lain dari motivasi, dimana pimpinan harus dapat memberikan motivasi kepada bawahannya agar bekerja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  4. Controlling (Pengawasan), merupakan fungsi manajemen yang terakhir, yaitu suatu usaha untuk mencegah kemungkinan penyimpangan-penyimpangan daripada rencana-rencana, instruksi-intruksi, sasaran-sasaran dan sebagainya yang telah ditetapkan. Sehingga dengan pengawasan diharapkan penyimpangan-penyimpangan serta kemungkinan terjadi akan dapat dihindari.

January 4, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: