It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Manajemen Dan Hubungannya Dengan Manusia


Untuk tercapainya  tujuan dalam suatu organisasi manajemen memiliki peranan yang cukup penting,  karena dalam hal ini segala proses yang dilakukan mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanakan bahkan dalam evaluasi sekali pun semuanya ada dalam proses manajemen.

Dalam hubungannya dengan kegiatan kerja sama dalam upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, terdapat adanya aktivitas yang menyangkut fungsi – fungsi manajemen. The Liang Gee mengemukakan fungsi manajemen terdiri dari: perencanaan, pegorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan

Maka untuk menjalankan suatu manajemen, individu tidak bisa terlepaskan begitu saja. Sebab manajemen akan menjadi sebatas teori saja tanpa implementasi. Maka untuk pengimplementasian manajemen dibutuhkan apa yang dinamakan individu sebagai bagian yang tak terpisahkan dari manajemen itu sendiri.

Individu adalah merupakan sesosok diri yang unik dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Namun apa artinya individu yang memiliki kelebihan besar jika tanpa sebuah penyaluran atau tanpa bersinergi dengan individu yang lain. Bukankah salah satu teori tentang asal mula negara berasal dari individu-individu yang bersatu membentuk sebuah komunitas? Sekedar contoh bagaimana teori perjanjian masyarakat beranggapan bahwa sebelum ada negara, manusia hidup sendiri-sendiri dan berpindah dari satu tempat ke wilayah lain. Waktu itu kehidupan adalah sesuatu yang kacau balau. Maka atas dasar itu, manusia berkeinginan untuk menciptakan suatu kehidupan yang tertib dan tentram demi menghindari kepunahan jenisnya karena sering saling bunuh akibat tidak adanya peraturan dan tidak adanya komunitas masyarakat. Selanjutnya dibentuklah sebuah perjanjian diantara manusia itu yang disebut dengan perjanjian masyarakat (contract socia). Perjanjian ini melahirkan organisasi yang bernama negara.

Dalam kehidupan di alam fana ini, bisa dipastikan bahwa semua individu selalu masuk dalam lingkaran kelompok, menyatu dalam organisasi. Tentu saja baik kelompok/ organisasi formal maupun informal yang diikuti oleh individu. Disadari atau tidak, mengaku atau tidak, individu akan dipastikan masuk dalam suatu kelompok/ organisasi. Ada yang berkelompok dari tingkatan terkecil seperti keluarga, teman sepermainan, atau teman ngobrol di lingkungan tetangga tiap sore, sampai individu yang menyatu dalam ruang ligkup yang lebih besar. Yaitu ada yang berkelompok di perusahaan tempat kerja atau organisasi negara dalam jajaran pemerintahan. Juga ada kelompok-kelompok masyarakat yang bernama LSM, himpunan mahasiswa, organisasi kepemudaan, dan lain sebagainya.

Jadi, ketika manajemen dalam suatu organisasi dijalankan, maka peranan penting di dalamnya adalah, sejauhman individu dapat mengaktualisasikan fungsi-fungsi manajemen dalam suatu organisasi itu. Individu memiliki kunci dalam peranannya dalam manajemen.

January 4, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: