It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Manajemen Sumber Daya Manusia


Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai bidang dalam kajian Dalam manajemen maka berikut ini dijelaskan pula beberapa pengertian mengenai manajemen sumber daya manusia yang di kutip dari beberapa ahli diantaranya:

Pengertian manajemen sumberdaya manusia menurut Mangkunegara adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan kegiatan-kegiatan, pengadaan, pengembangan , pemberian kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan dan pelepasan sumberdaya manusia agar tercapai berbagai tujuan individu, organisasi dan masyarakat.

Siagian (1999:18) menyatakan bahwa manajemen sumberdaya manusia adalah penarikan, penyeleksian, penempatan , indoktrinasi , pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia oleh dan didalam suatu perusahaan.sedangkan Samsudin (2006;22) mengunkapkan tentang pengertian manajemen sumber daya manusia sebagai berikut: ”Manajemen sumber daya manusia adalah suatu kegiatan pengelolaan yang meliputi: pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa bagi manusia sebagai individu anggota organisasi. Juga menyangkutr cara – cara mendesain sistemperencanaan, penyusunan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan, dan hubungan ketenaga kerjaan”.

Dari  pengertian  mengenai manajemen sumber daya manusia diatas dapat disimpulkan bahwa ada hal yang meliputi tugas dari penilaian kinerja yang harus dilakukan dan menjadi perhatian benar-benar oleh perusahaan/ organisasi yaitu masalah penempatan dan pengembangan karir. Penilaian yang sambil lalu dan subyektif tidak akan mampu untuk bertahan terhadap pengujian kewajaran dan legalitas jika diragukan.

Pada dasarnya, manajemen sumber daya manusia adalah bagaimana dapat mengatur manusia sebagai sumber daya utama yang mampu mengaktuliasasikan dirinya secara manusiawi dalam lingkup kegiatannya, baik dalam suatu organisasi maupun dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Tanpa adanya manajemen untuk mengatur sumber daya manusia, maka akan timbul suatu chaos (kekacauan) dalam bertindak maupun berkomunikasi antara satu individu dengan individu lainnya.

Disinilah letak sangat esensialnya keberadaan manajemen sumber daya manusia sebagai salah satu faktor dalam mengatur insividu-individu yang terakumulasi menjadi kelompok manusia yang harus diarahkan demi tercapainya suatu tujuan bersama.

January 4, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: