It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

PERAN SISTEM INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Jika dilihat dari pengertian di atas, pendidikan  merupakan salah satu hal yang sangat berperan sekali dalam kehidupan masusia, tidak hanya membantu manusia dalam mendapatkan suatu pengakuan dalam peran nya sebagai insan manusia, tetapi dalam menanggapi perannya sebagai seorang hamba yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa. Karena dalam pendidikan itu lah manusia diajarkan bagaimana harus berinteraksi dengan manusia yang lain, dan bagaimana menjalankan suatu perintah yang kaitannya dengan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.

Di Indonesia sendiri, pendidikan  dicanangkan dan di masukan kedalam salah satu peraturan pemerintah (PP) karena pentingnya dunia pendidikan itu sendiri. Atas dasar PP itulah, pemerintah mencanangkan wajib belajar 9 tahun pada jenjang pendidikan dasar. Pendidikan dasar tersebut dimulai dari tingkat kelas 1 Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Suatu pendidikan tidak akan berkembang atau berjalan tanpa adanya beberapa faktor pendukung. Salah satu dari faktor pendukung tersebut adalah dengan adanya Sistem Informasi. Sebelum penulis menerangkan seberapa besar peran sistem informasi dalam dunia pendidikan, alangkah baiknya kita mengetahui apa arti dari sistem informasi itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari sistem informasi

  • Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data
  • Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik. Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), kontrol atau komponen pengendali.
  • Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
  • Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
  • Sistem Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi.
  • Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.
  • Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang salaing berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input-proses-output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user)
  • Sistem informasi adalah sistem yang saling berhubungan dan terintegrasi satu dengan yang lain dan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk mengatur masalah yang ada.
  • Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.

Dari beberapa pengertian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu proses yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang berhubungan dengan komputerisasi yaitu hardware, software, dan brainware dimana ketiga unsur ini saling berhubungan dan terintegrasi satu dengan yang lain dan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk mengatur dan menangani masalah yang ada.

Jika sistem informasi diterapkan dalam dunia pendidikan, maka akan terjalin suatu relasi atau hubungan yang membawa dampak positif bagi dunia pendidikan itu sendiri. Ada beberapa dampak positif yang dapat penulis jabarkan, diantaranya adalah :

  1. Dengan adanya sistem informasi, teknologi komputerisasi dapat dikenalkan sejak dini atau di tingkat pendidikan dasar.
  2. Dengan adanya sistem informasi, pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada tahun 2004 dapat terbantu, terutama dalam bidang pendidikan komputer atau Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  3. Orang-orang yang ada di daerah bisa merasakan kemajuan teknologi komputerisasi, terutama di bidang pendidikannya.
  4. Adanya sistem pemberlakuan absensi secara elektronik.
  5. Terdapatnya perpustakaan elektronik (e-library) yang membantu para pelajar ketika mencari bahan pembelajaran.
  6. Adanya sistem pembelajaran elektronik (e-learning) bagi pelajar tingkat lanjut.

Dilihat dari beberapa poin di atas, sudah bisa dipastikan bahwa sistem informasi sangat berperan sekali dalam dunia pendidikan. Khususnya di negara tercinta ini. Semoga kemajuan teknologi informasi dapat terus berkembang hingga dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Amin

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

 

October 14, 2010 - Posted by | umum

4 Comments »

  1. Bagus sekali infonya tnhx….^_^

    Comment by M.Fadh | October 18, 2010 | Reply

    • ia masama.. :))

      Comment by Gai Black | October 18, 2010 | Reply

  2. good news gan n jangan lupa kunjungi blog ane ya http://www.g-kom.blogspot.com

    Comment by M.Fadh | October 18, 2010 | Reply

    • ok.. thax dah ngunjungin blog ane.. :))

      Comment by Gai Black | October 18, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: