It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Demo Mahasiswa Di Makasar


Sampai saat ini aksi demonstrasi masih menjadi pilihan untuk mengaspirasikan pendapat, ide juga untuk menentang dan memprotes terhadap sesuatu. Biasanya demonstrasi dilakukan oleh mahasiswa untuk memprotes kebijakan pemerintah. Entah itu menentang naiknya harga BBM, memprotes kasus bank Century, atau menuntut presiden SBY turun dari jabatannya.

Aksi demonstrasi atau yang lebih dikenal dengan istilah demo yang sering terjadi di Negara Indonesia, biasanya tidak lepas dari berteriak-teriak, aksi teatrikal, long march, dan juga yang buruk adalah aksi anarkis seperti merusak pagar-pagar gedung pemerintahan, memecahkan kaca dengan melempar batu-batu, membakar ban, dan lain-lain.

Salah satu aksi demo mahasiswa yang terkenal sering rusuh adalah aksi mahasiswa Makassar. Setiap kali mahasiswa Makassar melakukan demo, ruas-ruas jalan penting di Makassar macet total bahkan sampai lebih dari sehari . Tidak heran karena jaringan jalan di Makassar tidak banyak, dan setiap kali mahasiswa Makassar mengadakan demo pasti melakukan aksi blokir jalan.

Menurut Yusyran Darmawan dalam artikelnya “Mengapa Demo Mahasiswa Makassar Sering Rusuh?”, beliau yang merupakan mantan  aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Makassar, mengatakan cukup paham kapan saja peristiwa bentrok antara mahassiwa dan Makassar, sebab selalu disosialisasikan dalam pengkaderan. Di antaranya adalah peristiwa demo menentang penggunaan helm pada awal tahun 1980-an, hingga puncaknya adalah peristiwa April Makassar Berdarah (Amarah) yang menyebabkan tewasnya tiga orang mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) pada tahun 1996. Peristiwa ini dikenang setiap tahun dan menjadi monumen kekejaman aparat, sebab hingga kini tidak ada aparat yang bertanggungjawab atas tewasnya tiga mahasiswa tersebut.

Beliau juga mengutarakan pendapatnya mengenai mengapa dalam setiap aksi demo mahasiswa Makassar sering rusuh yaitu salah satunya diantaranya karena demo rusuh bisa dilihat sebagai siasat mereka untuk didengarkan. Karena mereka beranggapan bahwa jika demo dilakukan dengan santun, mereka tidak akan didengarkan. Padahal dampak dari demo ini merugikan banyak pihak, termasuk mahasiswa sendiri.

Alasan lain yang dikemukakannya adalah karena alasan budaya. Orang Makassar menjunjung tinggi pada apa yang disebut dengan siri’ atau harga diri. Beliau berkata, di Makassar, saling melirik saja bisa menjadi awal perselisihan yang kemudian berakhir pada saling tikam.

Namun ada alasan lain yang dikemukakan beliau yang sangat ironis menurut penulis, bahwa demo mahasiswa Makassar dijadikan ajang popularitas bagi para aktivis, apakah untuk sekedar “masuk teve”, atau untuk menarik perhatian para politisi untuk memasukkan aktivis tersebut ke dalam tim suksesnya. Karena kabarnya para mahasiswa yang hendak melakukan demo sering menunda waktu karena menunggu kedatangan jurnalis.

Selain itu,  aksi demo mahasiswa ini menurut pendapat Yusyran Darmawan bisa jadi diadakan karena kepentingan kedua belah pihak antara mahasiswa dan politisi. Karena sudah bukan rahasia lagi kalau banyak aktivis yang tiba-tiba kaya mendadak. Menurut beliau indikasinya juga nampak pada setiap kali ada demo yang kemudian rusuh, selalu bersamaan waktunya dengan peristiwa politik yang cukup besar, apakah itu pemilu, pilkada, atau momen politik penting.

Sebagai warga Negara Indonesia, kita seharusnya dapat menyikapi hal ini dengan baik.

Dan juga kita sebagai insan yang berpendidikan, tentunya kita seharusnya dapat melakukan perjuangan dengan cara yang benar sehingga kita dapat mengarahkan kembali arah aksi demonstrasi yang selama ini dianggap semakin anarkis dan telah kehilangan esensinya kea rah yang lebih baik.

November 23, 2010 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: