It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Faktor-faktor Penyebab Kesiangan Dan Cara Mengatasinya


Kata kesiangan mungkin sudah tidak asing lagi untuk didengar, bahkan bagi beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi untuk dilakukan.Setiap orang yang kesiangan punya alasan sendiri kenapa mereka bisa kesiangan, dan bagi saya sendiri diingat dari cerita dan pengalaman teman saya yang kesiangan serta dari pengalaman saya sendiri bahwa penyebab kesiangan diantara lain diakibatkan karena :

  • tidur terlalu larut karena beberapa penyebab. Bisa karena keasikan main game, computer atau laptop. Kelamaan nonton tv, atau bisa juga karena terlalu malam mengerjakan tugas atau belajar. Tidur terlalu larut seperti ini menyebabkan waktu tidur mereka berkurang sehingga saat waktu bangun tidur yang seharusnya menjadi terlewat dan kemudian terlambat.
  • Insomnia juga bisa dijadikan penyebab orang kesiangan, bagi yang mengalaminya. Seperti yang kita tahu Insomnia adalah buruknya kualitas tidur karena satu atau lebih berikut: kesulitan tidur, bangun lebih sering sepanjang malam dan sulit kembali tidur, bangun lebih pagi dan terjada di malam hari namun tidak dapat kembali tidur, insomnia ini berbeda halnya dengan tidur terlalu larut karena insomnia memiliki factor yang berbeda, orang insomnia biasanya disebabkan stres, perubahan hormon, adanya gangguan atau nyeri tubuh dan pengobatan tertentu. Insomnia yang terjadi dalam tiga malam atau lebih dalam seminggu dalam jangka waktu sebulan dianggap sebagai insomnia kronis. Otomatis insomnia ini juga dapat mengurangi waktu tidur dan dapat berakibat pada keterlambatan
  • Malas bangun pagi, faktor paling utama dari sulitnya remaja bangun pagi adalah faktor rasa malas. Kemalasan inilah yang menyebabkan manusia, khususnya yang berada di negara Indonesia, bergerak lamban dengan tingkat kemajuan teramat rendah. Padahal, bangun di pagi hari merupakan aktivitas penting yang berpengaruh besar terhadap kesehatan jasmani dan rohani seorang manusia.Kalau bangun pagi saya sudah malas bagaimana orang itu tidak terlambat ? Dari segi bangun saja sudah terlambat bagaimana kegiatan yang lain yang memang terjadwal.
  • Kemacetan lalulintas. Seperti yang sudah kalian tahu bahwa Negara kita Negara yang tidak pernah lepas dari kemacetan , apalagi bagi kita yang tinggal di jadebotabek. Sebenarnya sedikit masuk akal apabila kemacetan dijadikan alasan keterlambatan, karena dapat memperpanjang waktu dijalan dan telat sampai tujuan, tetapi banyak orang juga yang tidak terima dengan alasan ini karena masih banyak juga orang yang daerahnya rawan macet tetapi masihbisa tepat waktu sampai tujuan. Disinilah dibutuhkan disiplin waktu, seharusnya bagi masyarakat yang melintasi daerah rawan macet dapat berangkat lebih awal agar menghindari macet dan sampai tepat waktu ditempat tujuan.

jika dilihat dari beberapa faktor di atas, saya bisa memberikan saran agar kita bisa terhindar dari “Kesiangan”.

  1. Atur jadwal kapan kita harus tidur.
  2. Rajinlah berolah raga, minimal 10 – 20 menit dalam satu hari. Agar kualitas tidur kita bertambah.
  3. Jangan terlalu lama duduk di depan komputer / laptop.
  4. Kerjakan tugas jangan sampai terlalu larut.
  5. Kurangi konsumsi minuman berkafein (Kopi).
  6. Hindari nikotin dan alkohol
  7. Dengarkanlah lagu yang berirama lembut disaat kita mau tidur sehingga kita bisa merasa relaks dan gampang untuk tidur.
  8. Persiapkan apa yang akan kita bawa ke tempat tujuan sebelum kita tidur. Sehingga pada waktu kita bangun, semuanya sudah siap.
  9. Berangkat ke tempat tujuan lebih awal untuk menghindari kemungkinan terjadi macet.
  10. Gunakan alarm untuk membangunkan kita dan atur waktunya sedemikian rupa, sehingga kita bisa menyiapkan segala sesuatunya ketika kita bangun tidur.
  11. Jika sudah terlanjur terkena macet, cari jalan alternatif lain.
  12. Jika anda pengguna kendaraan umum, gunakanlah kendaraan yang paling bisa diandalkan ketika kita sedang terburu-buru, misalnya ojeg.

November 23, 2010 - Posted by | umum

1 Comment »

  1. faktor Utama Dari Malas bangun dari tidur, Malas..
    Mungkin Adakah solusi dari bangun tidur?

    Comment by Geng Damiusix | April 26, 2015 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: