It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

Pengalaman Menganalisis Sistem Integrated Laboratory (ILab) di Universitas Gunadarma


Integrated Laboratoty atau yang sering kita sebut sebagai ILab merupakan salah satu laboraturium unggulan di universitas gunadarma. Keunggulan dari ILab ini bisa dilihat dari sistem dan penggunaan aplikasi yang dipakai. Untuk sistem, ILab menggunakan interconnection build in dimana semua komputer terhubung ke beberapa server yang berada di ruang atas laboratorium. Didalam server ini lah komputer-komputer yang berada di laboraturium bisa mengakses bank data yang disediakan. Untuk aplikasi, ILab menggunakan aplikasi perangkat keras (hardware) dan aplikasi perangkat lunak (software) yang jarang digunakan oleh laboratorium-laboratorium pada umumnya. Dalam hal ini penggunaan paket komputerisasi dari SUN Microsistem. Hasil analisis ini merupakan penganalisaan yang berada di tahap identifikasi.

Tahap selanjutnya dari penganalisaan sebuah sistem adalah tahap pemahaman (Understand). Dalam ILab, terdapat sebuah sistem dimana hak akses dari setiap komputer adalah sama. Maksudnya adalah komputer hanya bisa digunakan jika kita terdaftar sebagai mahasiswa Gunadarma. Karena pada ILab diberlakukan sistem login yang berhubungan dengan studentsite masing-masing mahasiswa, dan dihubungkan dengan server yang ada.

Setelah kita login menggunakan ID studentsite, bank data akan membaca ID tersebut dan mengirimkan data-data yang berhubungan dengan mahasiswa yang bersangkutan. Misalnya, untuk semester yang lalu, jika yang login merupakan mahasiswa jurusan sistem informasi dan ada berada di tingkat 3 (semester 5), maka bank data akan mengirimkan data mata kuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Data tersebut berupa kumpulan soal-soal yang harus dikerjakan oleh mahasiswa yang bersangkutan sehingga mahasiswa tersebut mendapatkan nilai. Nilai yang diperoleh kemudian akan diproses dan dikumpulkan berdasarkan data mahasiswa. Setelah dikumpulkan dan di rekapitulasi di Laboratorium, nilai tersebut di kirim kepada staff yang akan menggabungkan nilai yang di dapat di Laboratorium dengan nilai yang didapat di kelas (pertemuan dengan dosen).

 

February 26, 2011 - Posted by | umum

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: