It`s My Second Home,, Happy Surfing! n_n

Prikitiw,,!!!

The Hare & The Tortoise


Di suatu masa di suatu dimensi, kura-kura berdebat dengan kelinci mengenai

siapa yang lebih cepat.

Akhirnya mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya. Kelinci

melesat ninggalin kura-kura. Setelah tahu kura-kura tertinggal jauh di

belakang, kelinci mutusin untuk beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi,

“Ah, gue istirahat dulu, ntar klo si kura-kura dah deket baru gue lari

lagi.”. Kelinci duduk di bawah pohon (gak di atas pohon karena kelinci gak

bisa manjat) dan akhirnya tertidur pules.

Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan adu

lari. Akhirnya kelinci pun terbangun dan menyadari dirinya telah kalah.

Moral : alon-alon asal kelakon yg akan berjaya

Karena malu dan kecewa yang mendalam, kelinci melakukan Antisipasi Kegagalan

(Root Cause Analysis). Ia yakin bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu

percaya diri, ceroboh dan lalai. “Klo kemaren gue ga macem2, ga mungkin gue

kalah” pikir kelinci. Ditantangnya lg si kura-kura, “Hei kura-kura, sini

loe… Gue ga trima loe menang kemaren, ayo kita lomba lagi, sekali ini

pasti gue yang menang” .

Si kura-kura nyante aja ngejawab, “hayyuukk, siapa takut?”

Akhirnya dimulai lomba, dan dari awal lomba kelinci melesat meninggalkan

kura-kura dan terus berlari hingga ke garis finish. Beneran juga, kelinci

yang menang; Sumpeh dehhhhhhhh.

Moral : Yang cepet dan konsisten selalu mengalahkan yg alon-alon asal

kelakon.

Kura-kura panas, dan setelah dipikir-pikir baru nyadar klo dia ga bakalan

bisa ngalahin kelinci dengan kondisi seperti itu. Ditantangnyalah kelinci

adu lari lg ke suatu tempat. “Hei kelinci, ayo kita lomba lagi. Sekarang

kita lewat jalan ini ke sana. Brani ga loe?”

Ditantang seperti itu, kelinci langsung mau aja karna dah yakin dia yang

bakalan menang, wong kemaren aja dia bisa menang. Lomba dimulai dan dengen

kencangnya kelinci berlari meninggalkan kura-kura.

“Yang penting gue jangan setop-setop, pasti gue menang.” pikir kelinci.

Ndilalah, ternyata jalan di depan kelinci terhalang sungai. “Duh, gimana nih

gue nyebrangin ni sungai? Gue ga bisa brenang lagi” termenung si kelinci

mencari jalan menyebrangi sungai.

Lama termenung, akhirnya kelinci melihat kura-kura dateng dan nyebur

berenang di sungai, keluar lagi berjalan pelan menuju garis finish.

Terpaku kelinci melihat kemenangan si kura-kura.

Moral : ketahuilah. jikalau punya kemampuan janganlah terlalu sombong,

karena kadang keadaan sebenarnya tidak sesuai dengan kemampuan kita.

Ngeliat si kelinci terpaku sedih, kura-kura pun menghampirinya dan

bilang,”dah, jangan sedih, besok kita ulangin lagi, tapi kita

bareng-bareng.”

Esoknya, lomba dimulai lagi, tapi sekarang kelinci nggendong kura-kura sampe

tepi sungai. Kemudian gantian kura-kura menggendong kelinci menyebrangi

sungai dilanjutkan kembali kelinci nggendong kura-kura sampe garis finish.

Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.

Moral : pinter dan berkemampuan tapi ga bisa kerjasama bakalan percuma

karena dengan kerjasama maka kekurangan akan dipenuhi oleh yg lainnya .

Hikmah :

  1. yang cepat dan konsisten selalu mengalahkan yg alon-alon asal kelakon.
  2. bekerjalah sesuai kemampuanmu .
  3. kumpulkan sumber daya dan kerja sebagai tim selalu mengalahkan kelebihan pribadi
  4. jangan menyerah bila gagal .
  5. berlombalah dengan situasi, jangan dengan saingan .
  6. Perbedaan bukanlah suatu kendala untuk bekerja sama. meskipun ada perbedaan, namun kita tetap bisa saling bekerja sama; dan justru terkadang dengan adanya perbedaan itulah muncul suatu kebaikan / keuntungan bersama.

 

Sumber : Abdillah CHILMI

January 7, 2015 - Posted by | Quotes

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: